22
May

budidaya kepiting soka

Kepiting Soka/Asoka atau Kepiting Bakau adalah kepiting yang sedang mounting atau berganti cangkang. Setiap 20 hari, kepiting melepaskan cangkang karena tidak sesuai lagi dengan ukuran tubuh yang terus membesar. Di hari ke-19, cangkang lama terlepas, dan cangkang baru belum mengeras. Saat itulah kepiting dipanen.

Kepiting ini bisa untuk disajikan dalam bentuk sup, olahan seafood, abon, peyek kepiting, atau dibuat dengan saus tiram atau saus lada hitam. Kepiting bisa dimakan seluruhnya termasuk cangkang dan capitnya karena lembut.

Kepiting Soka ini dibudidayakan oleh Bapak Mukhlis (34 tahun), warga desa Keude Lueng Putu Kec. Bandar Baru, Pidie Jaya. Lokasi budidaya bertempat di tambak milik Bapak Mukhlis di desa Cut Njong, arah utara kecamatan yang sama. Pak Mukhlis merupakan Nasabah KSP ASDC, keluarganya juga merupakan Nasabah ASDC (Hj. Ainol Mardhiah/Ibu).

Dalam waktu 1 bulan Kepiting dapat dipanen 2 kali dengan jumlah 20 – 25 Kg setiap masa panen. Hasil panen biasanya dijual ke Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *